Susunan Acara Ulang Tahun Anak Islami - JKW-TGB

Susunan Acara Ulang Tahun Anak Islami

Sebagai orang tua, merayakan hari ulang tahun anak adalah hal yang lumrah, sebagai bentuk tanda kasih sayang kepada si anak juga meramaikannya bersama teman-teman si kecil.

Tentunya, orang tua menginginkan yang terbaik untuk anaknya, tumbuh dewasa menjadi orang yang jujur dan bertanggung jawab dan yang paling penting bisa berbakti kepada kedua orang tuanya.


Baca Juga

Ucapan Selamat Ulang Tahun dalam Islam   

Susunan Acara Ulang Tahun Anak Islami    

Tujuan Membaca Shalawat

Memilih Jalur Shalawat untuk Bisa Cepat Kaya

5 Jalur Alternatif Cepat Kaya Mendadak   

Makalah tentang Shalawat   

Shalawat Nuril Abshor "TIBBIL QULUB" untuk Ketenangan Jiwa dan Menyembuhkan Orang Gila



Di dalam perayaan acara ulang tahun anak, sebagai bentuk ungkapan cinta dan kasih sayang orang tua kepada anak tercinta, selain itu unsur edukasi kepada anak juga sangat tepat saat perayaan acara ulang tahunnya.

Selain bisa bermanfaat untuk si kecil tersayang, perayaan ini juga bisa bermanfaat untuk pembelajaran teman-teman si kecil.

Pada artikel ini, aku akan berbagi contoh susunan acara ulang tahun untuk anak dengan tema “Cinta Ayah Bunda”. Secara umum, saat perayaan acara ulang tahun anak juga menyelipkan tanda kasih dan cinta antara orang tua dan si anak.

Namun, sering kalinya dalam pelaksanaan acara ulang tahun anak, betuk kasih sayang antara orang tua dan anak tidak begitu menjadi hal yang diperhatikan dan tidak menjadi fokus dari acara tersebut.

Secara umum hanya untuk pesta biasa dan juga dalam rangka
merayakan hajat agar si anak selalu sehat, diberi umur panjang dan keberkahan umur.

Oleh karena itu, contoh susunan acara yang ingin aku sampaikan disini adalah dengan tema “Cinta Ayah Bunda”. Artikel ini dijadikan referensi para orang tua yang ingin merayakan acara ulang tahun anak-anak kalian para orang tua, dengan harapan bisa memberi manfaat.

Dalam merayakan acara ulang tahun anak, pertimbangan utama untuk merayakannya pastinya adalah soal tempat. Sebenanrya banyak tempat-tempat menarik untuk mengadakan acara perayaan ulang tahun, seperti hotel, rumah makan, taman bermain, atau disebuah tempat wisata.

Namun, sebaik-baiknya tempat untuk merayakan hari spesial si kecil adalah dirumah sendiri. Tujuannya adalah untuk edukasi yang lebih, baiknya acara ulang tahun dirayakan secara sederhana namun tetap menyenangkan, meriah dan berkesan.

Keuntungannya adalah teman-teman dari si kecil bisa lebih akrab dengan si kecil karena sudah pernah main dan diundang kerumahnya.

Setelah tempat sudah dipersiapkan, yang perlu dipersiapkan selanjutnya adalah cara mendekorasi ulang tahun anak, meskipun sederhana namun secara dekorasi bisa dibuat meriah, berkesan dan menyenangkan.


Selain dekorasi, pastinya yang penting lagi adalah susunan acara ulang tahun anak yang sesuai dengan tema agar harapan serta tujuan dari edukasi si kecil bisa berjalan lancar.

Susunan Acara Ulang Tahun Anak [Cinta Ayah Bunda]


Tema ini diperuntukkan untuk anak yang berusia mulai dari 5-10 tahun. Pada usia-usia tersebut si kecil sudah mulai bermain dan melakukan interaksi dengan teman-temannya.

Pada momen ini, unsur edukasi yang bisa di sampaikan adalah selain rasa syukur atas bertambahnya usia, si kecil juga bisa di ajarkan pentingnya kebersamaan, persahabatan dan juga rasa saling berbagi.

Susunan acara ulang tahun anak ini penting untuk diperhatikan, selain harapan dan tujuan dari hajat perayaan ini bisa berjalan lancar dan tersampaikan.

Keberadaan tamu undangan juga wajib diperhatikan dan dihormati, jadi harus semenarik mungkin untuk acaranya. Tamu undangan adalah teman-teman si kecil yang ditemani oleh orang tuanya masing-masing.

Baca Juga

5 Manfaat Tuak Manis / Air Nira Untuk Ibu Menyusui Agar Bayi Sehat   

Cara Minum Tuak Manis untuk Menghilangkan Stres       

Manfaat Tuak Manis untuk Obat tradisional   

Khasiat Tuak Manis untuk Mengatasi Sembelit

Manfaat Tuak Manis Untuk Kesehatan


Susunan acara tidak berbeda jauh dari susunan acara ulang tahun anak pada umumnya, yang membedakannya adalah lebih ke penyampaian tentang tema yang dibawa pada perayaan acara.

Tema ini cukup sesuai untuk anak yang lagi senang-senangnya masa bermain, jadi acara ulang tahunnya harus semenarik dan menyenangkan.

Kemudian, pelaksaan dari konsep yang sudah di persiapkan, tidak lupa doa dan juga penyampaian nasihat tentang bakti anak kepada Ibu dan Ayah.

Cara penyampaian adalah menyesuaikan usia si kecil dan teman-temannya. Penyampaian bisa melalui games dan lagu-lagu yang mengedukasi, serta ucapan secara langsung dengan cara yang menyenangkan.

Seperti berikut ini susuanan acaranya:

  •     Penyambutan tamu undangan yang datang oleh MC, Orang tua dan juga si kecil.
  •     Pembukaan oleh pembawa acara / MC
  •     Sambutan dari orang tua
  •     Games untuk anak-anak
  •     Mempersiapkan kue ulang tahun
  •     Membaca puisi bertema cinta kasih Ibu dan Ayah oleh anak (opsional)
  •     Doa bersama acara inti
  •     Membaca shalawat beserta shadakah ke anak yatim (tidak ada tiup-tiup lilin)
  •     Sesi makan-makan dan menikmati kue (sekaligus hiburan dari MC)
  •     Seri berfoto bersama
  •     Penutupan dengan doa penutup acara
  •     Bersalam-salaman dan pembagian bingkisan

Penjelasan dari poin-poin diatas sebagai berikut:

1. Penyambutan tamu undangan


Saat tamu undangan datang, disambut oleh orang tua anak dan juga si kecil sendiri, saat ini juga diberikan makanan berupa snack diawal untuk di bawa masuk ke dalam rumah.

Tuan rumah dibantu oleh MC dalam menyambut tamu undangan, kemudian MC mempersilahkan undangan buat duduk di tempat yang sudah dipersiapkan.

Saat tamu undangan datang, biasanya mereka juga membawakan kado ulang tahun untuk si kecil. Kado bisa diberikan saat pertama kali ke pada si kecil saat menyambut tamu yang datang.


2. Pembukaan Acara oleh Pembawa Acara / MC


Setiap acara agar berjalan dengan baik pasti dibutuhkan MC untuk membawa jalannya acara. Acara ulang tahun untuk anak, baiknya MC bisa mendatangkan kakak yang bisa interaktif dalam bidang ini.

Usahakan memilih MC yaitu orang yang sudah dikenal oleh si kecil, bisa tetangga kamu atau kerabat yang rumahnya tidak jauh dari rumah kamu.

Tujuannya adalah agar MC lebih mudah diterima serta sesuana bisa meriah, namun untuk MC ini tidak juga dari luar. Tidak ada salahnya kamu sebagai orang tua menjadi MC dan membawakan acara yang spesial ini.

Tugas dari MC adalah mempersilahkan tamu undangan untuk menempati tempat yang disediakan, membawakan acara, mengatur jalannya acara serta membuka dan menutup acara dengan doa.

3. Sambutan Singkat dari Orangtua Anak yang Berulang Tahun


Orang tua memberikan salam dam mengucapkan terimakasih kepada tamu yang sudah menghadiri acara ulang tahun si kecil, dan mengungkapkan bagaimana senangnya perasaan mereka di acara ulang tahun anaknya ini.

Sambutan tidak perlu lama, anak-anak kecil tidak terlalu memperhatikan sambutan yang disampaikan namun hanya orang tua dari mereka yang memperhatikan

4. Games Ulang Tahun untuk Anak (oleh MC)


Agar acara menjadi menarik, interkaksi sangat diperlukan antara tuan rumah dan juga tamu undangan. Oleh karena itu kegiatan yang pas adalah dengan games, dengan adanya games ini para tamu-tamu cilik teman-teman si kecil jadi terhibur dan tidak menjadi bosan.

Contoh games sederhana yang bisa diterapkan misalnya:

    sambung kata
    menyanyi lagu anak, namun huruf vokalnya diganti huruf “i” semua
    dll


5. Mempersiapkan Kue Ulang Tahun


Setelah semuanya kembali bersemangat, saatnya mempersiapkan kue ulang tahun dengan lilinnya. Kue yang digunakan adalah sebagai simbol perayaan acara ulang tahun anak.

Ukurannya tidak apa jika tidak terlalu besar karena hanya dipergunakan untuk simbil saat pemotongan, dan nantinya dipersembahkan kepada Ibunda dan Ayah tercinta oleh si anak.

Kue untuk tamu undangan sebagiknya dipersiapkan secara tersendiri.


6. Membaca Puisi oleh Anak (Cinta dan Kasih Sayang Bunda dan Ayah)


Poin ke-6 ini adalah opsional, apakah si kecil mau buat melakukan hal ini atau tidak. Karena terkadang si kecil ada juga yang pemalu.

Buat si kecil yang mau dan berani untuk melakukannya, momen ini baiknya diadakan ya. Orang tua perlu memberikan arahan kepada si kecil, dan juga kakak MC juga harus bisa menyamakan frekuensi dengan di kecil.

7. Doa Bersama Acara Inti


Untuk pembacaan doa, sebaiknya dipimpin oleh Ayah dari si kecil. Mengajak para tamu undangan sekalian untuk mendoakan si kecil beserta keluarga agar selalu di berik keberkahan umur, kesehatan dan menjadi anak yang berbakti dan sayang kepada bunda, ayah dan juga teman-temannya, dll.

Selain itu, tidak lupa juga untuk mendoakan para teman-teman sikecil beserta tamu undanga semuanya yang hadir dalam acara ulang tahun si kecil.

8. Baca Shalawat dan Sedekah ke anak Yatim


Baca Disini



9. Acara Makan-makan (Kue dan Hidangan Kecil) + Hiburan MC.


Setelah sesi pemotongan kue dan penyerahan kepada bunda dan ayah. Pasti tamu undangan juga ingin merasakan kue ulang tahun.

Untuk itu disediakan kue ulang tahun lagi untuk diberikan kepada tamu undangan. Kue bisa dipotong kecil-kecil dan diberikan kepada tamu undangan agar juag bisa menikmati rasa kue ulang tahun seperti yang sudah dipotong si kecil.

Pada sesi ini, acara diiringi oleh hiburan musik ulang tahun dan lagu anak-anak. Jangan lupa MC buat menghibur tamu undangan dengan ikut menyanyikan lagu-lagu bersama adik-adik dan tamu undangan ya.


10. Sesi Foto Bersama


Acara ke 10 adalah foto bersama, yang pertama adalah sesi foto keluarga (bunda, ayah dan si kecil yang berulang tahun). Di lanjutkan foto keluarga si kecil dengan para tamu undangan.

Jika tamunya banyak, sesi foto bisa diatur oleh MC misalkan di bagi menjadi 2 atau 3 kali. Foto yang banyak dengan berbagai gaya dan ekspresi agar meriah dan berkesan.

Ini tugas MC buat mengendalikan suanana, jangan lupa MC nya juga numbrung buat foto ya. 😀

Agar acara semakin menarik, sebaiknya disiapka dekorasi foto yang bagus buat tempat foto dan juga asesoris-asesoris anak yang menarik buat menjadi teman foto bersama, contohnya adalah topeng, mahkota, dan lainnya.


11. Penutupan Dengan Doa


Setelah sesi foto, yaitu acara penutupan yang ditutup oleh MC. MC menyampaikan pesan terimakasih mewakili tuan rumah. Juga doa bersama penutupan yang dipimpin oleh MC.


12. Bersalam-salaman dan pembagian bingkisan


Setealh ditutup, tamu undangan bisa pulang, bersalam-salaman denagn tuan rumah buat pamitan. O iya, sebagai bentuk berbagi dan juga sebagai bentuk rasa terima kasih, tidak lupa ada acara bagi-bagi
makanan kecil seperti nasi kotak, nasi kuning atau lainnya sebagai oleh-oleh.

Pada momen ini, ajarkan si kecil untuk memberikannya kepada teman-temannya. Agar rasa saling berbagi dan bersedekah ada didalam diri si kecil.

Dari penjelasan diatas, kamu bisa berkreasi menyesuaikan dengan model acara ulang tahun anak yang akan kamu rayakan bersama keluarga dan teman-teman si kecil.

Jangan lupa untuk membuat rundown acara yang tertulis ya, misalkan poin 1 jam berapa sampai jam berapa. Waktunya menyesuaikan tergantung konsep acara yang akan dilaksanakan, dan usahakan waktunya singkat saja agar tidak membosankan ya. Rundown acara nantinya dipakai oleh MC.

Tambahan, agar ulang tahun semakin meriah. Acara ulang tahun untuk anak bisa menghadirkan badut yang bisa bermain sulat. Pasti acaranya lebih menarik lagi.

Baca Juga

3 Jenis Tema Ulang Tahun yang sangat Disukai Anak       
5 Dekorasi Ulang Tahun Anak yang Gampang Dibuat       
Ucapan Selamat Ulang Tahun dalam Islam       
Kisah Kesedihan Rasulullah saat Pamannya Wafat       
Sebelum Anak Ulang Tahun, Perhatikan 9 Persiapan ini
10 Cara Mempersiapkan Pesta Ulang Tahun Anak di Rumah       
Susunan Acara Ulang Tahun Anak Islami   
Tujuan Membaca Shalawat yang Dianjurkan Agama

No comments

Powered by Blogger.