10 Cara Mempersiapkan Pesta Ulang Tahun Anak di Rumah

Bagi orangtua, merayakan ulang tahun anak tak hanya bentuk rasa syukur, tapi juga cara mereka membahagiakan si kecil. Merayakan ulang tahun anak di rumah adalah hal yang bisa dilakukan oleh orangtua dengan mengundang teman-teman di sekitar rumah.

Baca Juga

3 Jenis Tema Ulang Tahun yang sangat Disukai Anak       
5 Dekorasi Ulang Tahun Anak yang Gampang Dibuat       
Ucapan Selamat Ulang Tahun dalam Islam       
Kisah Kesedihan Rasulullah saat Pamannya Wafat       
Sebelum Anak Ulang Tahun, Perhatikan 9 Persiapan ini
10 Cara Mempersiapkan Pesta Ulang Tahun Anak di Rumah       
Susunan Acara Ulang Tahun Anak Islami   
Tujuan Membaca Shalawat yang Dianjurkan Agama


Selain si kecil makin dekat dengan teman-temannya, orangtua juga bisa lebih leluasa merancang pesta ulang tahun di rumah sendiri. Berikut persiapan pesta ulang tahun anak di rumah.

1. Tentukan Jumlah Tamu


Buatlah daftar tamu yang akan diundang secara lengkap. Misalnya, jika Anda mengundang satu keluarga, hitung berapa jumlah anggota keluarga tersebut, jika ada empat orang, maka tulis empat. Hal ini bertujuan untuk menghitung jelas perkiraan tamu yang akan datang sehingga nantinya perhitungan anggaran juga jelas.

2. Rencanakan Anggaran


Agar tak terjadi anggaran yang membengkak, rencanakan biaya pesta dari awal. Jika setelah dihitung ternyata biayanya lebih dari yang ditargetkan, sebaiknya kurangi bagian yang bisa dihilangkan. Agar pesta ulang tahun anak sesuai dengan apa yang Anda inginkan, sebaiknya siapkan tabungan dari beberapa bulan sebelumnya.

3. Pilih Waktu yang Tepat


Ada banyak orangtua yang merayakan ulang tahun anaknya bukan pada hari ulang tahunnya. Umumnya, hal ini terjadi karena pada hari lahir anak justru di hari kerja sehingga tidak memungkinkan untuk merayakan pesta ulang tahun. Karena itu, pilih waktu yang menurut Anda tepat untuk mengundang kerabat dan teman-teman si kecil.

4. Rencanakan Tema Ulang Tahun


Agar pesta ulang tahun semakin meriah, buatlah tema spesial. Tema yang cukup sederhana dengan mencari warna yang diinginkan, lalu kombinasikan dengan warna lainnya. Jika ingin lebih menarik lagi, padukan dengan tokoh kartun kesukaan si kecil atau hal seru yang anak sukai.

5. Pilih Kue Ulang Tahun


Kue ulang tahun tentu akan menjadi satu objek pusat perhatian saat pesta ulang tahun. Untuk itu, pilihlah kue ulang tahun yang tepat. Pemilihan ini juga mempertimbangkan jumlah tamu yang diundang sehingga semua tamu bisa mencicipi kue tersebut. Ada banyak jenis kue yang bisa Anda pilih seperti kue tart hingga cupcake.

6. Tentukan Makanan


Menu makanan di pesta ulang tahun anak juga penting. Anda bisa memasak sendiri di rumah atau membeli makanan dari luar. Jika memesan makanan dari luar maka sebaiknya lebihkan 10 persen agar tidak kurang.

7. Rancang Acara


Jika Anda tidak menyewa jasa event organizer, siapkan rancangan acara ulang tahun. Anda perlu memikirkan siapa yang akan memandu, apa tema pesta ulang tahun, permainan atau aktivitas apa yang akan dilakukan. Buatlah rundown acara agar lebih jelas rangkaian acaranya.

8. Dekorasi Pesta


Agar pesta ulang tahun terasa meriah, maka perlu dekorasi yang bagus dan nyaman. Hal yang paling mudah yang bisa Anda tambahkan pada dekorasi ulang tahun anak adalah balon-balon. Pilihlah aneka balon berbentuk unik dengan warna-warna yang cantik. Anda bisa atur warna balon yang sesuai dengan tema pesta.


9. Siapkan Baju


Penting juga untuk menyiapkan baju apa yang akan dipakai nanti oleh kedua orang tua dan anak-anak. Dengan pakaian yang tampak menarik satu sama lain dengan warna sama maka saat di foto pun akan terlihat bagus. Hal kecil seperti ini pun harus Anda persiapkan.

10. Suvenir


Rencanakan juga suvenir apa yang akan diberikan ke tamu. Anda bisa memberikan suvenir berupa barang atau goodie bag yang berisikan makanan anak-anak. Selain itu, rencanakan juga berapa jumlah isian dan ada apa saja didalam goodie bag, karena ini kaitannya pada budget pesta ulang tahun anak.

Jika Anda ingin membuat pesta ulang tahun yang berbeda, maka bisa tambahkan aktivitas bermain kereta. Aktivitas seru dan terbaru ini bisa terwujudkan dengan menyewa kereta anak di Kezillaz. Kereta anak Kezillas memberikan harga promo diskon hingga 50 persen untuk 6 jam penyewaan.

Sumber : Liputan6.com

Comments

Popular

Susunan Acara ulang Tahun Anak Islami, Sederhana dan Berkah

Arti Pertanda Ular Masuk Siang Hari Di Dalam Rumah Menurut Pengakuan, Primbon dan Dakwah

Contoh Teks Pembawa Acara Ulang Tahun Anak Islam