Cara Mengatasi Bayi Sering Bangun Tengah Malam


Jika bayi terlihat sudah tertidur nyenyak namun tiba-tiba bangun tengah malam secara tiba-tiba, Helllo sehat.com mengatakan bisa jadi buah hati Anda sedang mengalami sleep regression. Sebelum mengetahui apa itu sleep regression, mungkin Anda juga penting mengetahui berbagai hal tentang bangun tengah malam, dalam tabel berikut ini 

Tabel Artikel tentang bangun tengah malam



Cari Artikel
Kategori
Pengertian

Nah sekarang saatnya kamu tau apa itu sleep regression dan bagaimana cara mengatasi bayi sering bangun tengah malam.

Apa itu sleep regression?

Istilah sleep regression digunakan untuk menggambarkan suatu periode waktu ketika bayi yang telah tidur nyenyak, tiba-tiba bangun tengah malam dan susah tidur lagi. Kondisi ini mungkin akan terulang lagi selama beberapa hari atau beberapa minggu dan biasanya akan terjadi dalam waktu satu sampai empat minggu.

Sebenarnya Anda tidak perlu khawatir, apalagi membandingkan bayi Anda dengan bayi teman atau bayi tetangga. Bangun tengah malam adalah perkembangan normal bayi Anda untuk menciptakan pola tidurnya sendiri. Karena itu, setiap bayi tentu akan berbeda dengan bayi lainnya.

Sleep regression lebih sering terjadi pada bayi yang berumur empat bulan dan delapan bulan. Dilansir dari Baby Center, beberapa ahli mengatakan bahwa sleep regression terjadi karena pola tidur bayi mulai mirip seperti pola tidur orang dewasa atau sedang proses “mempelajari” pola tidur. Ketika si kecil berada di suatu tahapan tidur dan tubuhnya bergerak tanpa sadar, maka ia akan terbangun.

Nah, bayi akan lebih sulit untuk tidur lagi dibandingkan orang dewasa karena ia masih dalam proses memahami pola tidurnya sendiri. Ketika bangun, bayi mungkin merasa bingung apakah berarti harus melanjutkan tidur atau memang sudah waktunya bangun.

Periode sleep regression juga sering terjadi pada balita yang sedang melewati tahapan perkembangan (milestone) seperti berusaha berguling, duduk, merangkak, sedang tumbuh gigi, atau mengembangkan keterampilan baru apa pun. Proses belajar ini, seperti yang dilansir di Healthline, memang sedikit membuat bayi Anda lebih gelisah. Hal ini pun berpengaruh pada pola tidur mereka.

Cara mengatasi  bayi yang sering bangun tengah malam ini kami lansir dari hellosehat.com. Berikut cara mengatasi bayi sering bangun dengan malam

1. Berikan waktu khusus bayi Anda untuk “berlatih” di siang hari

Si kecil yang tidak mau diam, sebenarnya sedang berusaha untuk menguasai apa yang sedang ia pelajari sekarang, dan jika pada siang hari ia merasa tidak memiliki cukup waktu karena sering Anda gendong atau ajak jalan-jalan. Si kecil akan terus mencobanya di malam hari.

Akibatnya ia jadi lebih sulit untuk tidur dan bergerak secara refleks dalam tidurnya yang menyebabkan ia bangun tengah malam. Pastikan Anda memberikan waktu khusus untuk si kecil berlatih berguling, merangkak, atau apapun yang sedang ia lakukan agar tidak terganggu. Tugas Anda hanya mengawasi si kecil

2. Penuhi kebutuhan asupan makanan sepanjang hari

Memenuhi kebutuhan asupan makanan si kecil bisa mencegah bayi Anda lapar di tengah malam. Sebelum tidur atau di sepanjang hari saat ia aktif, pastikan si kecil mendapatkan asupan makanan yang cukup.

Jangan dibiasakan ketika si kecil bangun tengah malam, Anda memberikannya makanan, karena bisa saja hal ini menjadi kebiasaan dan ketika ia terbangun ia mengharapkan Anda memberikannya makanan. Hal ini justru bisa membawa dampak buruk.

3. Biarkan ruangan tidur bayi Anda cenderung gelap



Ketika bayi Anda tidur, pastikan kamar Anda atau kamar si kecil cenderung lebih gelap, Anda bisa gunakan lampu tidur ber-watt rendah, hal ini bertujuan agar si ekcil bis tidur lebih nyenyak. Ruangan yang cenderung gelap bisa membantu bayi Anda cepat tertidur ketia ia bangun tengah malam.

Ketika di pagi hari, pastikan ruangan yang ditempati bayi Anda tidur penuh dengan sinar matahari alami. Cahaya membantu memberi sinyal pada otak tentang siklus tidur-bangun.

4. Buatlah rutinitas

Ciptakan rutinitas bagi bayi Anda agar ia cepat terbiasa dengan pola tidurnya. Bayi membutuhkan waktu sekitar 10-12 jam untuk tidur dalam waktu semalam. Letakkan ia ditempat tidur jika sekarang adalah waktunya tidur siang atau tidur malam. Lama-kelamaan biasanya si kecil akan mulai mengantuk dan terbiasa dengan tempat tidur. Bayi Anda perlu belajar untuk tertidur sendiri.

Anda bisa mulai dengan membaca cerita pengantar tidur, menyanyikan lagu pengantar tidur, atau apapun yang menyebabkan si kecil lebih cepat tertidur dengan cara Anda. Pastikan Anda konsisten melakukannya dan yang tidak kalah penting sesuaikan rutinitas Anda dengan jadwal tidur bayi.

5. Buat suasana sepi ketika ia bangun tengah malam

Jika Anda mendengar bayi Anda bangun tengah malam, tunggu beberapa menit sebelum Anda bangun untuk melihat si kecil. Jika mereka terus menangis, cepat respon bayi Anda.

Jangan ajak ia berbicara terlalu lama, bermain, atau menyalakan lampu. Matikan juga semua gadget Anda, karena lampu dari gadget bisa menstimulasi  bayi Anda. Hal ini secara tidak langsung bahwa sepi, identik dengan malam hari, dan malam hari adalah waktu untuk semua orang tertidur.


Comments

Popular

Susunan Acara ulang Tahun Anak Islami, Sederhana dan Berkah

Arti Pertanda Ular Masuk Siang Hari Di Dalam Rumah Menurut Pengakuan, Primbon dan Dakwah

Contoh Teks Pembawa Acara Ulang Tahun Anak Islam