Sering Terbangun Tengah Malam dan Susah Tidur Lagi, Mengapa?

Sering Terbangun Tengah Malam dan Susah Tidur Lagi disebabkan karena banyak hal. Melansir dari tribunnews setidaknya ada 10 alasan mengapa sering terbangun tengah malam dan susah tidur lagi. Jika anda mengalaminya, tentu saja kwalitas tidur Anda buruk.


TABEL ARTIKEL TENTANG BANGUN TENGAH MALAM




CARI ARTIKEL

KATEGORI
PENGERTIAN

Inilah beberapa kondisi mendasar diantaranya 10 alasan yang penting diketahui terkait alasan mengapa sering terbangun tengah malam dan susah tidur lagi



1. Sleep Apnea yang Tidak Terdiagnosis


Sleep apnea adalah kondisi di mana pernapasan Anda benar-benar berhenti dan dimulai sepanjang malam, menyebabkan Anda terbangun di malam hari. Alasan untuk ini bisa jadi karena pembesaran amandel atau obesitas.

2. Gangguan pencernaan


Gangguan pencernaan bisa membangunkan Anda di tengah malam. Apalagi jika Anda makan makanan besar menjelang tidur atau jika Anda memiliki anggur merah besar. Anda perlu berhenti makan dekat waktu tidur atau memilih makanan ringan.


3. Stres

Stres jadi alasan utama bisa membunuh tidur Anda. Jika Anda memperhatikan bahwa Anda sedang stres akhir-akhir ini, cobalah melakukan latihan untuk menenangkan diri sebelum tidur.

4. Cahaya

Beberapa orang tidak pernah bisa tidur nyenyak atau bisa bangun jika lampu menyala. Pastikan penerangan di kamar Anda disesuaikan agar sesuai dengan kebutuhan tidur Anda.

5. Kebisingan

Suara dari luar dan dalam kamar tidur bisa jadi penyebabnya. Jika Anda tinggal di kota, Anda perlu toleran terhadap suara yang tak terelakkan.


6. Suhu

Suhu Anda melambat saat Anda tidur, saat tubuh Anda mendingin dan masuk ke mode pemulihan. Tidur di ruangan yang terlalu dingin atau terlalu hangat akan mencegah Anda mendapatkan tidur yang berkualitas.

7. Gangguan pasangan anda saat tidur

Pasangan Anda mendengkur, atau bangun berkali-kali dan menyalakan lampu untuk menuju ke kamar kecil atau meletakkan tangannya pada Anda saat tertidur nyenyak dapat mempengaruhi tidur Anda juga.

Lalu, saatnya tidur sendiri, jika Anda memiliki pasangan yang menjengkelkan. Lagi pula, tidur lebih penting kan?

8. Anda Minum Terlalu Banyak Air

Malam hari buang air kecil adalah alasan utama terbangun di malam hari. Pastikan untuk minum air putih sebelum 30 menit dan setelah itu jangan.


9. Anda Menggunakan Telepon di Tempat Tidur

Mengekspos mata Anda ke cahaya dari telepon bisa membuat tubuh Anda membuat melatonin, hormon tidur. Memegang smartphone, perangkat elektronik yang dekat dengan wajah bisa memberi efek buruk.

10. Minum minuman beralkohol sebelum tidur

Alkohol pasti bisa membuat Anda merasa mengantuk. Tapi ini bisa mengganggu tidur Anda juga, begitu mabuknya hilang. Makanya, Anda mungkin akan terbangun di tengah malam. (TribunWow.com/Tinwarotul Fatonah)

Jika Anda terus-menerus terbangun di tengah malam, itu artinya kualitas tidur Anda buruk. Kondisi ini bisa disebut insomnia tengah. Ini adalah kondisi dimana kita bergerak menuju tahap ringan tidur dan akhirnya terjaga di tengah malam. Banyak orang cenderung mengalami terfragmentasi tidur di pagi hari.

Saat Anda bangun di tengah malam dan tetap terjaga selama lebih dari 30 menit per malam selama lebih dari tiga hari dalam seminggu, maka ini bisa menandakan masalah serius. Orang dengan insomnia tidak hanya mengalami kesulitan tidur, tapi juga cenderung mengalami episode terbangun lebih di malam hari. Alasan umum untuk itu adalah beberapa kondisi mendasar diantaranya 10 alasan diatas yang mungkin tidak Anda ketahui.



CARI JUGA SOAL TERBANGUN TENGAH MALAM DI LINK BERIKUT

sering terbangun tengah malam dan susah tidur lagi, terbangun tengah malam atau dini hari, terbangun tengah malam dalam islam, sering terbangun tengah malam dalam islam, arti terbangun tengah malam, mitos terbangun tengah malam,

Comments

Popular

Susunan Acara ulang Tahun Anak Islami, Sederhana dan Berkah

Arti Pertanda Ular Masuk Siang Hari Di Dalam Rumah Menurut Pengakuan, Primbon dan Dakwah

Contoh Teks Pembawa Acara Ulang Tahun Anak Islam