Lakukan 11 Cara ini Jika Anda susah Tidur

Tidur merupakan kebutuhan vital untuk tubuh kita. Kekurangan tidur ataupun mendapatkan tidur yang tidak berkualitas akan membuat kesehatan tubuh kita terganggu. Seseoarang yang kurang tidur akan meningkatkan resiko terkena penyakit jantung yang merupakan penyakit pembunuh nomer 1 didunia.

Selain itu jika kita tidak tidur dalam 3 hari, maka akan mengganggu kerja sistem hormonal dan metabolisme dalam tubuh kita. Namun ada kalanya memulai tidur menjadi hal yang sulit bagi beberapa orang karena mengalami insomnia. Kali ini kami akan berbagi tips cara mengatasi insomnia agar tidur kamu lebih berkualitas dan tubuh lebih sehat.

Apa itu Insomnia?


Insomnia adalah gangguan susah tidur malam. Seseorang yang mengalami insomnia akan memilik siklus tidur yang tidak beraturan. Karena insomnia ini lah, banyak orang lebih rentan terhadap serangan penyakit.

Penyebab Susah Tidur


Ada beberapa faktor penyebab insomnia, antara lain seperti stress atau kekhawatiran berlebih, salah konsumsi obat, terlalu banyak tidur siang, sering mengkonsumsi makanan/minuman stimulan. lalu apakah cara mengatasi susah tidur ini sulit?. Nyatanya tidak, bahkan sangatlah mudah untuk mengatasi insomnia asalkan dilakukan dengan konsisten dan sungguh-sungguh.

Cara Mengatasi Insomnia Secara Mudah dan Efektif


1. Whuduq dan Shalat Hajat Sebelum Tidur

Jika Anda membiasakan shalat hajat sebelum tidur maka anda pasti merasa tenang. Ketenangan itulah itulah yang dibutuhkan untuk membuat tidur lebih terlelap.

2. Mengonsumsi obat tidur

Cara paling sederhana tentu dengan mengonsumsi obat tidur, namun sangat disarankan untuk mengkonsumsi obat herbal, karena tentunya obat-obatan kimia bisa menimbulkan efek samping bagi kesehatan jika di konsumsi untuk jangka panjang.

3. Memilih warna dekorasi yang tepat

Warna dekorasi memegang peranan penting dalam psikologi seseorang. Orang akan lebih merasa nyaman dan tenang jika berada alam ruangan yang berwarna sesuai dengan warna yang mereka sukai. Sebagai sebuah saran, Anda bisa memilih warna biru muda dan hijau muda. Karena warna satu ini lebih bersifat tenang, relaksasi, menyenangkan, damai, dan penuh dengan harapan. Selain itu untuk pencahayaan kita bisa memilih lampu-lampu yang redup dan kalem seperti warna krem untuk yang tidak dapat tidur tanpa lampu. Namun jika kamu mau lebih efektif, matikan lampu kamar agar lebih cepat tidur dan bangun dalam keadaan segar.

4. Pilih kasur yang sesuai

Mengalami susah tidur salah satunya juga bisa disebabkan karena kasur yang tidak sesuai lho guys. Seperti jika kasur Anda baru beli, kasur terlalu bantat, dan masih banyak lagi. Pastikan kasur yang Anda gunakan untuk tidur itu nyaman dan tidak memberikan tekanan berlebih pada bagian tubuh. untuk mengeceknya silahkan Anda berbaring di kasur tersebut. Manakala ketika Anda berbaring terasa seperti berdiri, kasur tersebut berarti nyaman. Kasur yang nyaman tidak hanya mampu menghilangkan susah tidur saja, tetapi kasur yang nyaman juga baik untuk menopang tulang dan mencegah gangguan pada bagian punggung.

5. Kurangi cahaya berlebih

Menurut salah satu jurnal kesehatan yang berasal dari Amerika Serikat, sekitar 40 % penduduk negara tersebut mengalami susah tidur akibat gemerlap lampu. Bahkan survey tersebut juga menyebutkan bahwa 10 % orang yang tidur dengan lampu menyala, mereka akan lebih beresiko terkena penyakit-penyakit tertentu. Maka dari itu mengurangi cahaya lampu bisa menjadi cara mengatasi insomnia sulit tidur yang efektif. Bila perlu matikan lampu tidur Anda agar bisa mendapatkan tidur yang lebih nyenyak. Selain itu perhatikan pula tirai jendela yang ada di kamar Anda, pastikan tirai tersebut selalu tertutup agar cahaya kendaraan dari luar tidak menyebabkan tidur Anda menjadi terganggu.

6. Pindahkan jam

Jam di kamar memang cukup baik untuk mengingatkan kita kapan waktu tidur, akan tetapi sekitar 50 % orang mengalami susah tidur akibat adanya jam dinding tersebut, terutama untuk jam dinding yang berukuran besar.

Oleh sebab itu memindahkan jam dinding ke tempat lain bisa juga menjadi cara mengatasi insomnia sulit tidur yang efektif, namun jika Anda adalah orang yang disiplin, silahkan ganti jam tersebut dengan ukuran lebih kecil dan tidak berbunyi tik tak tik tak seperti milik saya.

7. Alat elektronik

Saking sibuknya kita dalam dunia kerja, sering sekali kita meletakan beberapa peralatan elektronik di dalam kamar tidur. Seperti contohnya televisi dan komputer. Meskipun tidak dinyalakan, alat elektronik tersebut tetap saja menyebabkan gangguan susah tidur di malam hari. Tidak hanya dua alat alektronik itu saja yang perlu Anda jauhkan, tetapi gadget atau ponsel juga harus segara Anda pindahkan. Sebab sekarang ini banyak sekali masyarakat yang membawa gadget mereka tidur. Keberadaan ponsel ini menurut saya sangatlah menganggu, sebab ketika pesan masuk pasti ponsel akan berbunyi. Meskipun sudah dimatikan, terkadang cahaya lampu dari ponsel tersebut membuat kita ingin memainkannya sebentar.

8. Jaga kerapian

Cara mengatasi insomnia susah tidur selanjutnya adalah dengan menjaga kerapian tempat tidur. Memang kerapian merupakan hal yang sepele, namun bagi seorang pria itu adalah hal yang paling luar biasa. Karena sangat jarang sekali seorang pria mampu menjaga kerapian kamarnya. Beberapa ahli dari University of Havard berpendapat bahwa, kamar pria yang berantakan membuat mereka lebih beresiko mengalami insomnia sebesar 25 % dari pada masyarakat umumnya. Oleh sebab itu, menghilangkan susah tidur juga bisa Anda lakukan dengan merapikan tempat tidur. Seperti merapikan pakaian-pakaian, merapikan sepray tempat tidur, dan lain sebagainya.

9. Jaga kesegaran udara

Kersegaran udara sangatlah menentukan kualitas tidur Anda. udara yang kotor dan penuh dengan polusi sangatlah buruk bagi kualitas tidur, bahkan bisa menyebabkan gangguan sistem pernapasan. Sangat penting kirannya Anda selalu menjaga kesegaran udara. Apabila kamar Anda tertutup rapat, silahkan buka sedikit jendela agar oksigen segar bisa masuk kedalam kamar. Lebih baik lagi apabila Anda juga mengatasi susah tidur dengan alat pembersih udara. Dengan menggunakan alat tersebut selama 30 menit saja, Anda akan mendapatkan kualitas tidur yang sebenarnya.

10. Jangan makan sebelum tidur

Makan merupakan hal sepele, tetapi saya sarankan Anda tidak makan 45 menit sebelum tidur. Sebab ketika makanan yang Anda konsumsi masuk kedalam tubuh, perut akan lebih aktif dalam mencerna makanan tersebut. Sehingga munculah gejala insomnia atau sulit tidur. Ada baiknya Anda hindari makan minimal 60 menit sebelum tidur malam. Sebagai gantinya, silahkan konsumsi 4 gelas air putih saja.

11. Hindari konsumsi kafein

Kopi sangatlah tidak baik bagi kualitas tidur Anda, sebab kopi mengandung kafein yang mampu membuat kita mengalami susah tidur. Terutama untuk jenis kopi hitam yang pekat. Oleh sebab itu, cara mengatasi insomnia sulit tidur yang terakhir ini saya sarankan Anda menghindari konsumsi kopi. Minimal hindari kopi sekitar 5 jam sebelum Anda tidur pada malam harinya.

Comments

Popular

Susunan Acara ulang Tahun Anak Islami, Sederhana dan Berkah

Arti Pertanda Ular Masuk Siang Hari Di Dalam Rumah Menurut Pengakuan, Primbon dan Dakwah

Contoh Teks Pembawa Acara Ulang Tahun Anak Islam