Menulis adalah cara Agar Indonesia tetap Waras - JKW-TGB

Menulis adalah cara Agar Indonesia tetap Waras

Segeralah menulis, apa pun itu, karena menulis merupakan satu-satunya cara agar tetap waras, kata Clara Ng seorang Novelis.  Judul atau ungkapan tersebut sepertinya memang agak berlebihan, tapi memang begitu adanya.

Sebuah blog menceritakan tentang sesoorang, mungkin dia penulisnya saat keranjingan menulis dan mulai jatuh cinta pada dunia tulis - menulis.

Flashback pertama kali yaitu saat membuat blog tembatnya menulis, waktu itu tahun 2010, dan ia miskin sekali dengan pengalaman tulis - menulis. Waktu itu ia hanya bisa menghasilkan sedikit sekali tulisan, dan tentunya itu karna tugas sebuah matakuliah yang mengharuskan  untuk mensubmit hasil daripada tulisannya ke sebuah blog.

Ia berpikir ada benarnya juga Clara mengatakan demikian, karna dengan menulis kita tetap melatih otak kita untuk berpikir dan berlatih fokus, sehingga, pikiran kita tidak terbawa ke hal - hal yang tidak terlalu perlu untuk dipikirkan. Bahkan, dengan menulis kita malah bisa dengan gratis mengungkapkan apa yang kita rasakan, apa yang kita ingin bagikan.

Sekarang, menulis, baginya adalah sebuah kegiatan yang menyenangkan, sebuah kegiatan yang menguji sampai dimana otak kita mampu berpikir, merangkai kata - kata menjadi kalimat, merangkai kalimat menjadi paragraf, dan paragraf menjadi sebuah tulisan yang layak untuk dibaca. Menulis merupakan sebuah kegiatan yang menguji sampai dimana kayanya perbendaharaan kata yang kita miliki. Dengan perbendaharaan kata yang banyak dan bervariasi, selain membuat sebuah tulisan mempunya nilai tambah, nilai tulisan tersebut akan lebih indah dan lebih enak untuk dibaca.

Tentunya, lebih senang lagi apabila tulisan/karya yang kita buat, bisa turut dibaca oleh orang lain dan bermanfaat bagi mereka. Menulis membawa banyak manfaat bagi saya pribadi. Selain melatih daya berpikir otak dalam merangkai kata - kata, dengan menulis saya jadi banyak mengenal orang - orang diluar sana yang tentunya sudah lebih berpengalaman dalam dunia tulis - menulis dibandingka saya.

Memperbanyak teman dan kolega, dengan menulis juga saya bisa dengan rajin mengikuti kompetisi - kompetisi menulis baik online maupun offline, dengan tujuan untuk melatih dan terus melatih kemampuan menulis yang saya miliki. Menulis itu sangat menyenangkan, itu yang saya rasakan saat ini, dan saya berharap kedepannya saya bisa lebih baik lagi dalam bidang ini.

Penulis yang tak akan pernah Sukses

Ehm, ada loh orang yang tidak akan pernah menjadi penulis sukses. Walaupun diawalnya dia sudah bertekad untuk jadi penulis sukses dan telah belajar cara menulis buku dengan ikut pelatihan ini-itu.

Kok bisa yah?

Ya, bisa karena mereka tidak mau mengamalkan kunci sukses menulis. Mereka tidak mau berlatih menulis dengan baik dan benar.

Banyak alasan yang mereka ajukan:

    Sibuk kantor,
    Sibuk ngurus anak,
    Sibuk ngurus rumah,
    Sibuk bisnis,

Mereka sibuk dengan kegiatan itu sehingga impian awal menjadi penulis hebat hilang bersama kesibukan mereka.

Sebenarnya mereka bisa sukses menulis walaupun sibuk. Mereka hanya butuh satu kunci sukses, yaitu rutinitas. Dan ini berkaitan dengan kebiasaan (Baca artikel terkait tentang keterampilan menulis).

Strategi menulis dengan lancar adalah: Anda hanya dituntut untuk latihan menulis yang banyak dan sering. Semakin banyak anda menulis maka anda akan lancar menulis. Sama halnya dengan berbicara, semakin banyak dan sering anda bicara dan maka anda akan lancar berbicara.

Anda tidak harus lahir dengan bakat tapi andalah yang harus melahirkan bakat itu. Ya, anda bisa berbakat asal anda mau melakukan aksi yang masif, terus-menerus, tanpa henti dan berulang-ulang.

Sesibuk apapun pekerjaannya, anda bisa menjadi penulis sukses. Berikut adalah 5 tips singaktnya:

  • Mau meluangkan waktu. Menulislah satu atau dua paragraf setiap hari.
  • Siapkanlah alatnya. Sebuah buku catatan kecil dan pena yang muat disaku adalah cara terbaik untuk memulai kebiasaan menulis. Gunakan ia untuk menulis kegiatan sehari-hari anda.
  • Tulislah sedikit. Tidak perlu banyak, tulislah kegiatan sehari-hari anda dengan menyicil. Cukup satu atau dua paragraf per hari.
  • Tidak mudah merasa puas. Miliki keinginan untuk meningkatkan lagi jumlah paragraf itu setiap harinya. Tulislah yang agak banyak. Agar lancar, tulislah yang mudah dan yang berkesan, tidak harus yang rumit.
  • Lakukan secara berulang-ulang. Setiap hari, minggu, bulan dan tahun.

Bila anda sudah melakukan itu, berarti anda sudah berada dijalan yang benar. Tunggu saja dalam satu atau dua bulan. Ketika anda menyingkap lembaran-lembaran tulisan anda itu. Maka anda akan keget dengan apa yang telah anda laukukan. Ternyata anda telah menulis banyak hal. File anda sudah menumpuk.

Dan lalu anda bertanya, dari mana datangnya semua itu? Jawabannya adalah dari kebiasaan anda mengulang-ulang apa yang anda minati, setiap hari.

Mari kita tumbuhkan kebiasaan menulis kita setiap hari agar bisa menjadi penulis hebat. Tulislah apa yang berkesan dalam hidup. Mulailah dari yang sedikit; dari yang kecil; dari yang mudah.

Bacaan lengkap tentang cara meningkatkan kemampuan menulis anda adalah ebook: 12 Kesalahan Fatal Penulis Pemula. Silakan download gratis di sisi kanan blog ini. Masukkan nama dan email anda lalu klik saya mau. Setelah itu buka email anda untuk mendownloadnya.

Salam sukses penulis Indonesia!
Sebarkan Tulisan Ini:

No comments

Powered by Blogger.