Hukum dan Cara Shalat Witir Setelah Sholat Tahajud

Tata cara shalat witir setelah sholat tahajud sama seperti halnya sholat witir pada umumnya. Witir yang berarti 'Ganjil' atau tidak genap, maka dari itu sholat witir dikerjakan dengan jumlah raka'at yang ganjil yaitu mulai dari 1 rakaat, 3, 5, 7, 9 sampai 11 raka’at dalam 1 malam.

Shalat Witir sendiri adalah sholat sunnah yang dilaksanakan pada waktu insya' sampai menjelang waktu shalat shubuh. Sholat ini juga selalu dilakukan oleh Rasulullah SAW semasa hidup beliau dan shalat witir juga memiliki kedudukan sebagai sunnah muakkadah. Dalam melaksanakan sholat witir tidak di anjurkan secara berjamaah kecuali witir pada bulan Ramadhan setelah sholat tarawih.

Sesuai dengan anjuran Nabi Muhammad SAW, shalat witir bisa dilakukan setelah shalat isya' apabila khawatir tidak dapat bangun pada tengah malam, namun jika dapat memastikan akan bangun, sebaiknya dilakukan setelah sholat tahajud sebagai penutup sholat malam dan merupakan waktu paling utama.

Sholat ini dapat dilakukan maksimal 11 rakaat dan hanya boleh dikerjakan 1 kali dalam satu malam, artinya jika sesudah sholat isya telah melaksanakannya, maka apabila terbangun pada tengah malam setelah itu melakukan sholat tahajud maka tidak perlu melakukan sholat witir lagi.

Hal tersebut berdasarkan hadits yang disabdakan Rasulullah SAW yang menjelaskan sholat witir hanya boleh dilakukan sekali dalam satu malam.

Tata Cara Shalat Witir Setelah Sholat Tahajud


Raka'at sholat witir paling sedikit adalah 1 rakaat namun lebih utama jika dapat dikerjakan 3 sampai 11 raka'at. Tata cara sholat witir setelah tahajud adalah dengan melakukan 2 rakaat, 2 rakaat lalu diakhir salam kemudian disambung lagi dengan satu rakaat yang diakhiri dengan salam karena sholat witir adalah sholat ganjil. Hal ini pun sesuai hadits Nabi sebagai berikut.

Dalam hadits lain disebutkan bahwa Rasulullah SAW memisahkan 2 raka'at setiap sholat kemudian ditambah 1 rakaat lagi, riwayat Ibnu Umar.

Adapun jumlah raka'at sholat witir maksimal sebagian ulama berbeda pendapat, ada yang menyebut sebelas ada yang mengatakan 13 belas berdasarkan yang telah disampaikan Ummu Salamah. Namun sebagian ulama lagi menganggap bahwa Ummu Salamah menghitung dengan jumlah shalat sunnah ba'diyah (sesudah salat isya') yang dikerjakan Rasulullah SAW, sehingga jumlahnya menjadi 13 raka'at padahal Rasulullah SAW mengerjakan witir hanya sebelas raka’at. Untuk waktu melaksanakan sholat witir yang tepat setelah isya' sampai menjelang subuh.

Tata Cara Shalat Witir Setelah Sholat Tahajud

Dalam tata cara sholat witir tidak jauh berbeda dengan sholat sunnah pada umumnya, misalnya saja sholat tahajud atau shalat dhuha yang sudah dijelaskan sebelumnya. Jikalau ingin melaksanakan sholat witir 3 rakaat maka melaksanakannya dengan cara 2 rakaat kemudian disambung 1 rakaat, begitu pun jika ingin 5 rakaat maka 2 rakaat, 2 rakaat, dan setelah itu 1 rakaat tidak boleh langsung sekaligus. Dan, berikut ini cara melaksanakan sholat witir.

1. Niat sholat witir

Berikut ini merupakan Niat Sholat Witir dengan 2 Raka'at dan 1 rakaat beserta artinya.

Niat sholat witir
Niat sholat witir 2 rakaat
"USHALLI SUNNATAL WITRI RAK’ATAINI LILLAAHI TA’AALAA".

    Yang artinya :
    "Niat Shalat Sunah Witir Dua Raka’at karena Allah SWT Ta'alaa".

 Sedangkan niat sholat witir 1 rakaat sebagai berikut.
"USHALLI SUNNATAL WITRI RAK'ATAN LILLAAHI TA’AALAA".

    Yang artinya:
    "Niat Shalat Sunah Witir Satu Raka'at Karena Allah Ta'alaa".

Namun apabila sholat dilakukan dengan cara berjemaah dan menjadi makmum maka dalam niat ditambah makmuman atau ma'mum.


2. Membaca bacaan Al-fatihah

Sebagaimana sholat pada umumnya, Al-fatihah merupakan surah yang wajib dibaca. Setelah membaca surah Al fatihah pada rakaat pertama bisa membaca Surat Al-A'la dan pada rakaat kedua membaca Al Kafirun.

Setelah membaca surat pendek dilanjutkan dengan sebagaimana sholat pada umumnya. Baca : Tata cara sholat tahajud

3. Salam

4. Sholat witir 1 rakaat

Setelah salam maka disambung lagi dengan sholat witir yang 1 rakaat dengan niat seperti diatas, dilanjutkan dengan membaca Al fatihah dan sambung dengan 3 surat sekaligus yaitu Al Ikhlas, Al Falaq, dan An Nas. Lalu akhiri dengan salam.

Dan, perlu diketahui bahwa 3 surat itu tidak mutlak harus dibaca boleh saja diganti dengan surat lain, tetapi dianjurkan membacanya. Karena pada dasarnya islam tidak pernah menyulitkan kita untuk beribadah.

Doa Sholat Witir

Setelah kita menyelesaikan sholat witir maka dapat duduk dengan khusyuk sambil berdzikir. Apabila sudah selesai bisa disambung dengan membaca Doa Setelah Shalat Witir seperti dibawah ini.

Gambar doa sholat witir
Doa sholat witir
"ALLAHUMMA INNAA NAS'ALUKA IIMAANAN DAA'IMAN, WANAS'ALUKA QALBAN KHAASYI'AN, WANAS'ALUKA 'ILMAN NAAFI'AN, WANAS'ALUKA YAQIINAN SHAADIQON, WANAS'ALUKA 'AMALAN SHAALIHAN, WANAS'ALUKA DIINAN QAYYIMAN, WANAS'ALUKA KHAIRAN KATSIIRAN, WANAS'ALUKAL 'AFWA WAL'AAFIYATA, WANAS'ALUKA TAMAAMAL 'AAFIYATI, WANAS'ALUKASY SYUKRA 'ALAL 'AAFIYATI, WANAS'ALUKAL GHINAA'A 'ANINNAASI. ALLAAHUMMA RABBANAA TAQABBAL MINNAA SHALAATANAA WASHIYAAMANAA WAQIYAAMANAA WATAKHUSY-SYU'ANAA WATADHORRU'ANAA WATA'ABBUDANAA WATAMMIM TAQSHIIRANAA YAA ALLAAHU YAA ALLAAHU YAA ALLAAHU YAA ARHAMAR RAAHIMIINA. WASHALLALLAAHU 'ALAA KHAIRI KHALQIHI MUHAMMADIN WA'ALAA AALIHI WASHAHBIHI AJMA'IINA, WALHAMDU LILLAAHI RABBIL 'AALAMIINA".

    Yang artinya:

"Wahai Allah. Sesungguhnya kami memohon kepada-Mu iman yang tetap, kami memohon kepada-Mu hati yang khusyu', kami memohon kepada-Mu ilmu yang bermanfaat, kami memohon kepada-Mu keyakinan yang benar, kami memohon kepada-Mu amal yang shaleh, kami memohon kepada-Mu agama yang lurus, kami memohon kepada-Mu kebaikan yang banyak, kami memohon kepada-Mu ampunan dan afiat, kami memohon kepada-Mu kesehatan yang sempurna, kami memohon kepada-Mu syukur atas kesehatan, dan kami memohon kepada-Mu terkaya dari semua manusia. Ya Allah, Tuhan kami. Terimalah dari kami shalat kami, puasa kami, shalat malam kami, kekhusyu'an kami, kerendahan hati kami, ibadah kami. Sempurnakanlah kelalaian atau kekurangan kami, Wahai Allah Wahai Allah Wahai Allah Wahai Dzat yang Paling Penyayang diantara para penyayang. Semoga rahmat Allah tercurahkan kepada sebaik-baiknya makhluk-Nya, Muhammad, keluarga dan sahabatnya semua, dan segala puji milik Allah, Tuhan semesta alam". Itulah tata cara shalat witir setelah tahajud, yang dapat diamalkan setiap malam sesudah melaksanakan sholat isya hingga sebelum subuh yang biasanya dilakukan sehabis shalat sunnah malam lainnya. Rasulullah SAW bersabda "Sesungguhnya Allah Ta'ala telah menambahkan kalian dengan satu salat, yang salat itu lebih baik untuk dirimu dari pada unta yang merah, yakni salat witir. Waktu pelaksanaannya Allah berikan kepadamu dari sehabis Isya hingga terbit Fajar". Jangan lupa untuk berbagi, terima kasih.


Artikel Lainnya

  •  Tata Cara Shalat Witir Setelah Tahajud
  • Tata Cara Sholat Tahajud Yang Benar Dan Lengkap
  •  Macam Macam Shalat Malam Dan Manfaatnya
  •  Niat Sholat Tahajud dan Doa Sholat Tahajud
  •  Tata Cara Shalat Istikharah Meminta Petunjuk atau Jodoh
  •  Makna Sholat Tahajud dan Manfaat Sholat Tahajud
  •  Tata Cara Sholat Hajat Yang Benar dan Lengkap
  •  Bacaan Doa Setelah Sholat Dhuha dan Artinya Sesuai Sunnah
  •  Tata Cara Sholat Dhuha dan Bacaannya Lengkap
  •  Tata Cara Bacaan dan Doa Sholat Mayit Lengkap

Bacaan Daftar

  • cara sholat tahajud dan witir
  • berapa rakaat shalat tahajud
  • waktu sholat tahajud
  • manfaat sholat tahajud
  • dzikir dan doa sesudah sholat tahajudhukum shalat tahajud
  • shalat witir
  • keutamaan waktu shalat tahajud

Comments

Popular

Susunan Acara ulang Tahun Anak Islami, Sederhana dan Berkah

Arti Pertanda Ular Masuk Siang Hari Di Dalam Rumah Menurut Pengakuan, Primbon dan Dakwah

Manfaat Ekstrakurikuler Bagi Anak dan Penulis Blog